Definisi Cantik



Apa yang difikirkan wanita tentang kecantikan???
siapa wanita yang tidak ingin cantik?
lalu apa definisi cantik? bagaimana dan seperti apa wanita yang disebut cantik itu?
iya.... saya tau semua wanita ingin cantik. cantik adalah serangkaian kata untuk semuanya. apa maksutnya?

Saya banyak sekali menjumpai seseorang yang selalu berkata "dia cantik" jika memenuhi kriteria dan standar cantik. entah siapa yang memberi standar kecantikan pada wanita. apakah laki-laki atau wanita itu sendiri. atau jangan-jangan laki-laki yang menghegemoni wanita untuk standarisasi kecantikan. namun, yang perlu diketahui terkadang wanita yang terkenal sebagai makhluk yang lebih banyak menggunakan perasaan itu menuai babarapa penyakit psikis karena "kecantikan".

Jangan salahkan wanita yang suka ke salon dan menghabiskan uang suaminya, menghambur-hamburkan uangnya untuk barang yang dianggap tidak penting oleh laki-laki, atau matre pada pacarnya.

Kalian harus tau sebabnya.. mereka ingin eksistensi. diakui sebagai wanita cantik.
sebab CANTIK ITU LUKA. Iya itu adalah salah satu judul novel, tapi memang benar cantik itu luka.

Kalau saya ajukan pertanyaan pada anak-anak "manakah boneka yang paling cantik?" mereka menunjuk boneka barbie. tanpa kita sadari mereka (anak-anak) juga sudah menstandarisasi kecantikan. apalagi dengan icon kecantikan didunia maya yakni "Barbie". apa yang perlu ditakuti dari standarisasi ini?.

Semua orang diciptakan tuhan berbeda-beda, maka jika mereka yang tercipta tak sesuai dengan standarisasi kecantikan dan ststus 'cantik' itu akan mereka beli dengan harga berapa pun.

Ayo kita lihat di google icon barbie.
yang kita temui adalah sosok boneka yang mempunyai wajah lugu, charming, langsing, putih, berambut panjang(sedikit yang berambut pendek), berhidung mancung. intinya adalah TAK CACAT SEDIKITPUN.

Lalu kita lihat di film anime jepang.
ternyata yang kita lihat juga sama dengan barbie, hanya anime selalu menampakkan roman-roman muka yang selalu sempurna dan tetap terlihat cantik meski anime itu sedang menangis, tertawa, sedih, berteriak, dan lainnya. semua roman muka selalu terlihat perfect.

dan yang nyata adalah di drama-drama korea. lihat saja sendiri...^^

STATUS SOSIAL terkadang sangat berbahaya, banyak karena keadaan menjadikan mereka memaksakan diri untuk mengikuti tren atau mode. tak hanya itu. jika punya uang atau memaksa harus punya uang mereka akan memaksakan diri untuk mencapai standarisasi status sosial.

karena laki-laki menyukai wanita dengan standar "cantik" barbie, maka wanita dijaman sekarang banyak yang juga ingin memenuhi hasrat atau naluri wanitanya.

1. Untuk yang tidak putih, wanita terkadang tidak sadar membeli hand and body yang plus whitening, entah mereka itu tertipu iklan atau memang benar-benar bisa memutikan kulitnya. terkadang mereka tak membaca kandungan dibalik bungkusnya. bahkan dengan uang 5000 rupiah dapat membuat mereka putih. logika saja uang segitu bisa dibuat beli nasi... mereka tak berfikir kandungan apa yang ada di kosmetik itu, apakah mercuri, hidroquinon, atau mereka whatever dengan itu semua. silahkan cari tahu sendiri dampak kandungan2 merkuri dan hidroqinon.
yang lebih sakit adalah jika ada yang menyuntiknya dengan kolagen atau hanya sekedar vitamin c, atau mereka sebenarnya tak tahu apa yang disuntikkan dokter di tubuhnya atau bahkan bukan dokter yang menyuntik tapi hanya penjaga salon kecantikan. yang ingin mereka tahu adalah kulit mereka tampak lebih putih. ingat standarisasi cantik menurut anime jepang, opra sabun, selebriti wanita, dan barbie adalah putih itu cantik. tak sadar para wanita ingin seperti wanita yang ada di iklan-iklan sabun dan kosmetik. padahal itu hanya cara produsen untuk membuat laku produknya.

2. Target utama kosmetik wajah menyerang wanita.
jerawat, kusam,komedo,flek hitam, penuaan dini, kerutan, kulit mati. adalah segelintir permasalahan wajah wanita dan sebenarnya mereka dibuat paranoid dengan semua itu karena adalanya hegemoni iklan yang menyerang wanita... kalau punya uang!!! kalau yang tidak.!!!. mereka akan membeli kosmetik yang berbahaya bagi dirinya. bahkan ada krim pemutih yang mengelupaskan kulit mati dan itu terasa perih, krim itu digunakan malam hari agar tidak terkena terik matahari. betapa sakitnya wanita harus membeli produk-produk mahal yang menyakitkan itu hanya utnuk kepuasan dan kecantikan.

3. Hanya untuk dibilang cantik, mereka operasi plastik.
pemerintah dikorea mencanangkan wisata operasi plastik untuk para wisatawan. gimana tuh? jadi jika para wanita kesana mereka bertamasya tidak hanya berbelanja tapi juga operasi plastik. jadi pulang ke kampung halaman sang wanita membawa oleh-oleh kecantikan. bedah plastik membutuhkan perawatan ekstra, banyak sekali aktor dan aktris korea yang operasi plastik khususnya wajah dan kalian bagi para laki-laki hanya tahu kalau mereka cantik tapi tak tahu bahwa itu hasil pembedahan. hidung, dagu, garis mata semuanya palsu. dan sekali lagi cantik itu luka.

4. Obat pelangsing atau narkotik?
kadang jika mereka inginkan tubuh yang langsing obat-obat pelangsinglah sebagai jurus ampuhnya tapi mereka tak tahu apakah yang mereka minum itu zat aditif atau memang pelangsing yang aman. banyak obat pelangsing yang ditawarkan mulai dari obat cina, amerika, tradisional sampai modern dengan berbagai bentuk dan efek samping. bahkan ada yang mengaku tak ada efek samping. tapi menurut saya ada efek psikologis.

Sudahlah,,., terlalu banyak yang ingin saya utarakan. tapi terlampau banyak. menurut saya di jaman postmodern ini defini cantik itu bukanlah barbie, bukan wanita langsing opra sabun, tapi tergantung siapa yang melihat alias relatif saja.

syukuri saja apa yang kita dapatkan. idak ada diskriminasi gender disini. yang salah bukan laki-laki dan wanita. yang salah adalah orang yang mencari keuntungan tanpa menggubris derita yang akan ditimbulkan untuk orang lain.

Jangan termakan iklan...

Sumber : oleh: V.S Primadani.

0 Response to "Definisi Cantik"

Poskan Komentar