Yuk, Tidur Lebih Nyenyak!

0 556
Situs Judi Online Terpercaya

JELANG waktu tidur malam, Anda mendadak diserang gelisah, mulai dari sibuk membolak-balikkan bantal, mencari posisi tidur yang nyaman hingga tak disadari si dia yang berbaring di sisi Anda dibuat jengkel.
Penyebabnya, karena tubuh Anda terlalu lelah sehingga saat tidur, tubuh dan mata seakan tak mau diajak kompromi. Berikut ini beberapa tips yang membantu Anda tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

1. Mandi air hangat
Saat malam hari suhu tubuh Anda dalam kondisi normal. Profesor Joyce Walsleben dari sekolah kedokteran di universitas New York merekomendasikan, "rendamlah tubuh ke dalam air hangat selama 20-30 menit." Hal ini dipercaya membantu menaikkan suhu tubuh yang berangsur menurun sehingga tubuh lebih rileks dan siap untuk tidur nyenyak.

2. Matikan lampu kamar
Mulai sore hari tubuh akan melepaskan hormon yang dikenal sebagai melotonin, atau yang dikenal juga dengan "hormon kegelapan". Hormon ini dipercaya bisa membuat tidur lebih nyenyak. Namun perlu diingat, hormon ini akan bekerja sempurna mengantarkan tidur jika didukung oleh lingkungan yang nyaman.
Untuk itu, sebaiknya pertimbangkan memasang lampu redup di kamar tidur Anda. Ini bertujuan untuk membuat pencahayaan di ruang tidur tidak langsung terpapar cahaya yang terlalu terang. Karena dengan cahaya yang redup, Anda akan lebih mudah untuk tertidur.

3. Katakan tidak untuk kopi!
Anda yang terkena gangguan sulit tidur atau insomnia sebaiknya disarankan tidak meminum kopi setelah tengah hari. Hal ini karena kafein kopi yang larut dalam tubuh bisa mengganggu siklus tidur Anda. Ini sama berlakunya juga untuk nikotin.
Sebagian orang dipercaya, merokok sebelum tidur bisa membuat tubuh lebih santai. Jangan heran, nikotin dalam darah jutru akan memacu kerja otak dan mempercepat denyut jantung Anda.

4. Matikan televisi
Menonton televisi bisa menstimulasi otak bekerja lebih cepat. Jadi, yang terbaik untuk menghindari agar waktu tidur tak terganggu karena mata masih sibuk menatap layar televisi, sebaiknya gantilah aktivitas Anda sebelum tidur, misalnya dengan meditasi atau membaca buku di kursi yang nyaman.

5. Kaus kaki, menghangatkan
Kaki dingin karena udara malam bisa menyebabkan Anda tidak bisa tidur nyenyak di malam hari. Pakailah kaus kaki untuk menjaga kaki Anda tetap hangat, ini bertujuan untuk meningkatkan sirkulasi dalam darah dan membuat Anda tertidur lebih cepat.

6. Hindari makanan berat
Sebaiknya hindarilah mengonsumsi makan besar atau makanan ringan bercita rasa pedas terlalu dekat dengan waktu tidur Anda. Hal ini untuk mencegah pencernaan Anda bekerja terlalu berat menjelang tubuh istirahat di malam hari.
Terlalu banyak minum air dingin atau alkohol berlebihan juga sangat tidak baik, alhasil, Anda akan terus bolak-balik sepanjang malam ke kamar mandi untuk buang air kecil, dan ini bisa mengganggu waktu tidur Anda.

7. Rutinitas sebelum tidur
Sebuah rutinitas sebelum tidur di malam hari akan membantu otak lebih rileks, karena rutinitas yang berulang setiap malamnya sebelum tidur bisa bertindak sebagai 'alarm' tubuh yang membantu mengendalikan jam tidur Anda.

Lakukanlah hal rutin sebelum tidur, misalnya memyiapkan baju kerja untuk esok hari, menyikat rambut atau gigi sebelum tidur dan mengoleskan pelembab atau krim malam pada wajah.

Category: Ilmu, Info, Tips dan Trik
No Response

Leave a reply "Yuk, Tidur Lebih Nyenyak!"


9 + = 17