Tomat, si Mungil Kaya Manfaat

0 484
Situs Judi Online Terpercaya

TOMAT selain dimanfaatkan sebagai pelengkap masakan juga memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Si mungil dengan warna merah atau orange kehijauan ini kaya akan kandungan vitamin A dan C yang baik untuk tubuh. Dari bermacam jenis tomat, jenis tomat buah lah yang paling baik dikonsumsi.
Berbeda dengan sayuran lain, kandungan manfaat tomat tidak akan berkurang jika dimasak. Justru disarankan agar mengonsumsi tomat dengan cara diolah terlebih dulu. Zat-zat yang terkandung dalam tomat dapat menghancurkan radikal debas dalam masakan. Lycopene yang dikeluarkan tomat juga akan lebih banyak setelah diolah.

Kandungan lycopene ini dapat mencegah kerusakan sel sebagai pemicu kanker leher rahim, kanker prostat, kanker perut dan kanker pankreas. Selain itu dapat mengobati ganguan pencernaan, diare, memulihkan fungsi lever dan serangan empedu. Gel berwarna kuning pada biji tomat dapat mencegah penggumpalan dan pembekuan darah penyebab stroke dan penyakit jantung.
Namun perlu diingat, mengonsumsi tomat yang dicampur dalam masakan bersama lemak dan gula secara berlebihan, tidak baik bagi kesehatan.

Khasiat tomat lainnya yakni untuk kecantikan, seperti mengobati jerawat, menghaluskan wajah, mengurangi komedo juga mencerahkan kulit. Caranya sebagai berikut:
Mengobati jerawat. Rebuslah sebuah tomat, lalu potong-potong. Gosokkan potongan tomat pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan sepuluh menit, bilas wajah dengan air. Lakukan rutin hingga jerawat menghilang.

Untuk menghaluskan wajah, Anda cukup mengoleskan perasan air tomat pada wajah. Sedangkan untuk mencerahkan kulit wajah, dengan cara mengoleskan tomat yang telah dihancurkan.
Tomat juga bermanfaat mengurangi komedo. Caranya, haluskan tomat lalu campur dengan madu. Oleskan campuran itu pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat.

Category: Ilmu, Info, Kesehatan, Tips dan Trik
No Response

Leave a reply "Tomat, si Mungil Kaya Manfaat"


9 + 1 =