Merawat Notebook Agar Awet

0 469
Situs Judi Online Terpercaya

LAPTOP atau notebook agar lebih awet memang harus diperlakukan dengan baik dan benar. Berikut ini saran terbaik bagi Anda dalam merawat dan menjaga notebook tetap awet.
1. Cara Membawa
Jangan menenteng notebook dalam kondisi masih stand by, karena akan memengaruhi hardisk. Hal ini disebabkan karena piringan hardisk masih dalam kondisi berputar, dimana mata hardisk dalam posisi tidak aman dan masih berada di atas piringan. Posisi ini bisa membuat hardisk mengalami baret dan berakibat rusak atau hilangnya data. Namun, saran ini tidak berlaku untuk notebook yang menggunakan storage SSD.

2. Cara Menyimpan
Simpan notebook Anda di tempat yang kering. Saat tidak digunakan, lebih baik disimpan rapi di dalam tas notebook untuk menghindari casing notebook terkena baret. Letakkan notebook pada bidang yang datar dan hindari menumpuk barang di atas notebook ketika sedang tidak digunakan. Tumpukan benda di atas notebook akan menekan layar LCD dan bisa berakibat pada kerusakan layar, parahnya LCD bisa retak. Hindarkan juga notebook dari paparan sinar matahari secara langsung, karena komponen luarnya yang terbuat dari karet akan mengeras dan warna casing bisa memudar.

3. Cara Menggunakan
Hal ini tergantung pada jenis notebook yang Anda gunakan. Netbook, didesain utnuk menjalankan aplikasi ringan, seperti aplikasi office, aktivitas browsing, multimedia (musik, film non HD, editing foto ringan dan lain sebagainya), dan sebaiknya tidak dibenamkan dengan aplikasi lain yang menuntut kinerja tinggi.
Sementara untuk notebook, sebaiknya sesuaikan aplikasi Anda dengan kinerja notebook. Ingat, Menginstall banyak aplikasi yang tidak penting hanya akan membuat performa notebook Anda melambat. Hal ini karena kapasitas hardsik semakin besar sehingga sistem oeprasi semakin sulit untuk dibaca.

4. Cara Upgrade
Elemen yang paling mudah di upgrade pada notebook adalah hardisk dan memori. Sementara pada beberapa notebook lainnya, Anda bisa pula meng-upgrade optical drive dan prosesor. Penambahan memori tentu akan membuat kinerja notebook menjadi lebih bertenaga. Perlu diingat, saat meng-upgrade memori, sesuaikan juga dengan sistem operasi yang Anda gunakan. Sistem operasi 32bit hanya akan dapat membaca memori hingga 3GB, sementara sistem operasi 64bit dapat membaca memori lebih dari 3GB.
Hardisk. Pengguna biasanya meng-upgrade komponen ini karena kebutuhan dan kasitas memori notbook yang besar. Saat ini, kecepatan putar hardisk terbagi dalam dua jenis putaran, yaitu 5400RPM (Rotation Per Minute) dan 7200RPM. Sayang, hardisk dengan 7200RPM sulit ditemukan di Indonesia. Hardisk berputaran tinggi ini membuat sistem operasi dan aplikasi notebook akan lebih responsif.
Solusinya sebenarnya bisa saja dengan memilih SSD yang semakin lama semakin murah. Namun, kelemahan SSD adalah kapasitas yang tersedia masih kecil sehingga lebih cocok untuk Anda yang sangat mobile. Dengan SSD, kemungkinan kerusakan penyimpanan data dan kehilangan data sangat kecil.

5. Cara Membersihkan
Layar LCD dan casing serta keyboard notebook Anda harus terjaga kebersihannya. LCD yang kotor, penuh moda dan cap tangan sangat tidak nyaman karena mengganggu penglihatan di layar. Untuk membersihkan layar notebook Anda, gunakanlah kain yang lembut. Kain harus dalam kondisi lembab saat diusapkan pada bidang layar. Untuk casing, bersihkanlah permukaannya dengan kain yang kering. Sedangkan pada keyboard, gunakan saja kuas berbulu lembut.

6. Cara Memperpanjang Masa Hidup Notebook
    * Setting Power Management
    * Memperbesar Kapasitas Memori (RAM)
    * Melakukan Defrag System
    * Menurunkan Kontras
    * Matikan Proses/Program yang berjalan di background
    * Jangan Tinggalkan CD/DVD pada Optical Drive
    * Lepas Perangkat dari USB port
    * Matikan Feature Konektivitas yang Tidak Perlu
    * Pilih Mode Hibernate, bukan Standby
    * Hindari Praktik Multi-tasking
    * Switching Graphics
    * Ganti Hard Disk dengan SSD

7. Cara Merawat Baterai
Bersihkan kontak yang terbuat dari kuningan yang terdapat pada baterai dan notebook dengan menggunakan cotton bud dan contact cleaner. Ada baiknya Anda juga membiasakan menghabiskan daya baterai selama dua atau tiga hari sekali dengan cara menggunakan daya baterai saja saat digunakan dan bila warning low baterai muncul segera pasang adaptor kembali.

Category: Ilmu, Info, Teknologi, Tips dan Trik
No Response

Leave a reply "Merawat Notebook Agar Awet"


9 + 1 =